Natural Language Processing

1. Text Classification?
Text Classification adalah tugas untuk menentukan kategori yang telahdi tetapkan ke free-text documents.Text Classification bisa menyediakan conceptual view dari document collections yang mempunyai aplikasi penting di dunia nyata.
Text classification juga bisa digunakan untuk menyaring spam.
Contoh : berita – berita baru biasanya di atur dan di tempatkan di kategori subject yang sesuai agar mudah di cari.

Pesan email yang kita terima juga di kategorikan antara non spam dan spam. text classification ini mendeteksi dan menyaring nya.

 

2.Information Retrieval

Information Retrieval merupakan suatu pencarian informasi (biasanya berupa dokumen) yang didasarkan pada suatu query (inputanuser) yang diharapkan dapat memenuhi keinginan user dari kumpulan dokumen yang ada. Contoh yang paling sering di gunakan dalam information retrieval adalah mesin pencari(search engine) yang ada pada www(world wide web)

Sedangkan, definisi query dalam Information Retrieval menurut referensi merupakan sebuah formula yang digunakan untuk mencari informasi yang dibutuhkan oleh user, dalam bentuk yang paling sederhana, sebuah query merupakan suatu keywords (kata kunci) dan dokumen yang mengandung keywords merupakan dokumen yang dicari dalam IR.

 

3.HITS Algorithm?
HITS algorithm adalah kepanjangan dari Hyperlink-Induced Topic Search yaitu adalah algoritma link analysis yang dapat digunakan dalam pencarian dokumen yang relevan dan populer.HITS menggunakan root set sebagai data awal, root set tersebut akan diperluas menjadi base set dan dari base set akan digunakan dalam perhitungan nilai authority dan hub.

ai3

4.Prolog

Prolog adalah bahasa pemrograman logika atau di sebut juga sebagai bahasa non-procedural. Bahasa ini dibuat untuk menciptakan suatu bahasa pemrograman yang memungkinkan pernyataan logika alih-alih rangkaian perintah untuk dijalankan komputer.

Berbeda dengan bahasa pemrograman yang lain, yang menggunakan algoritma konvensionl sebagai teknik pencariannya seperti pada Delphi, Pascal, BASIC, COBOL, dan bahasa pemrograman yang sejenisnya, maka prolog menggunakan teknik pencarian yang di sebut heuristik (heutistic) dengan menggunakan pohon logika.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *